LIP Jimare  

Sekolah Atlet Ragunan ~ P2k Itbu.ac.id ~ Set Of Indonesian Cyclopedia

Siswa yang dipilih dari Kemenpora mendapat uang saku Rp 1 juta per bulan, sedangkan siswa pilihan dari PPOP DKI Jakarta sebesar Rp 1,5 juta. “Namun, porsi belajar mereka berkurang kalau ada occasion karena akan banyak persiapan. Siswa kalau ada rekomendasi dari pelatih untuk mewakili daerahnya selalu kita izinkan, jadi kita gak pernah nolak dispensasi dari para pelatih untuk izin dari belajar di kelas,” pungkasnya.

Sekitar jam 7, mereka akan disuruh bersiap-siap untuk masuk sekolah. Rencana ini diusulkan setelah pemerintah provinsi DKI Jakarta memiliki program Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar di area SKO Ragunan yang tengah dipugar. Karena hal ini pun, Kemenpora ingin memindahkan pelajar ke PPON Cibubur. Dari 286 atlet yang diberikan SK oleh Menpora Imam Nahrawi, 214 atlet di antaranya –atau sekitar 75%– memiliki pendidikan SMA atau sederajat dan masuk SK golongan II/a.

Bagaimana sekolah atlit

Sebut saja Frederika Girsang, Susi Susanti dan juga Yayuk Basuki. Untuk jadi atlet hebat, kita mungkin nggak ngejalanin hidup kayak temen-temen lain. Butuh perjuangan lebih dan kerelaan untuk mengorbankan sesuatu. Lo mesti sering ke Slot Deposit Pulsa lapangan, kelas sering ditinggalkan, absen tiap kali diajak jalan sama teman, bahkan lo sampe nunda pacaran. Tapi, kalau serius menjalani karier sebagai atlet, lo bakal sampe ke momen kemenangan yang bakal dikenang banyak orang.

“Akhirnya dibentuk SMP dan SMA Ragunan ini untuk memfasilitasi atlet usia pelajar, dan pelajarnya ini tidak hanya dari Jakarta tapi dari Sabang sampai Marauke,” ujar PLT Kepala Sekolah SKO Ragunan, Sularno kepada IDN Times beberapa waktu yang lalu.

“Jika ada occasion yang harus diikuti, aku selalu mendapat help dari sekolah. Kalau aku harus mengikuti kejuaraan, kepala sekolah dan guru selalu menyarankan untuk fokus, jangan memikirkan mata pelajaran. Aku sangat senang dan berterimakasih sekali atas dukungannya,” tutur Fino. Diakui lajang yang akrab disapa Fino ini, dengan adanya sekolah Terbuka Atlet ini dirinya merasa terbantu sekali, karena selain bisa menuntut ilmu untuk masa depannya, juga kariernya sebagai atlet karate juga tidak terhambat. “Tetapi karena Covid-19 kan kita tidak berani tes karena kalau tes harus mengumpulkan orang. Kita tunggu dulu sampai benar-benar PSBB berjalan sempurna,” katanya menambahkan. Seleksi secara terbuka bisa dibilang baru di Sekolah Olahraga Ragunan.

Suatu konsep pendidikan khusus dimana para siswa yang semuanya merupakan atlet PB Jaya Raya tersebut dibekali dengan ilmu atau talent entrepreneurship. Terdapat 10 ruang kelas yang consultant, dilengkapi dengan laboratorium IT, perpustakaan, hingga ruang kreasi siswa. Sekolah Olahraga Pembangunan Jaya Raya ini terdiri dari jenjang SMP dan SMA. Kegiatan belajar mengajar disesuaikan dengan jadwal kejuaraan dan latihan atlet. Kurikulum yang digunakan pun juga disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan jam belajar yang memang terbatas, sehingga tidak semua mata pelajaran di sekolah umum diajarkan di sini. Selamat para calon atlet berbakat yang lolos tes kesehatan, jangan lupa untuk peserta yang lolos tes kesehatan untuk wajib hadir pada tes psikotes dan wawancara sesuai jadwal yang di tentukan.

Penelitian ini dilakukan bulan Mei 2018 hingga Juli 2018 menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Tahap analisis knowledge dilakukan melalui tahapan reduksi information, show data dan verifikasi data. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan information dilakukan melalui tahapan kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen peserta didik meliputi rekrutmen peserta didik serta pembinaan dan pengembangan diri peserta didik di SMP/SMA Negeri Ragunan Jakarta Selatan.

Rekrutmen peserta didik meliputi kegiatan pendaftaran, seleksi dengan penempatan peserta didik. Pembinaan dan pengembangan peserta didik dilakukan agar peserta didik menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan kemampuan diri. Pembinaan dilakukan dengan cara diskusi, berbagi cerita, dan pendalaman materi, pengembangan dilakukan dengan cara latihan. Murid di sini emang dibina untuk jadi atlet professional. Mereka mesti milih bidang olahraga untuk digeluti selama tiga tahun sama kayak murid di sekolah umum milih jurusan IPA atau IPS.

Menpora menyampaikan, pihaknya sudah mencatat dan melakukan survey luas lahan yang dibutuhkan. Selain untuk atlet, Menpora juga mengizinkan fasilitas PPON Cibubur untuk dipakai latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Sejumlah prestasi yang menjadi keberhasilan SMA N 3 Cibinong tentu menjadi kebanggaan. Seperti diketahui pada tanggal, 10 November Tahun 2018 lalu , sekolah ini berhasil menjadi wakil dari Kabupaten Bogor di ajang final Hydro Coco National Futsal yang dilaksanakan di Gor Knigt Stadium Semarang.